Langsung ke konten utama

(Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Gulma di US bagian Tenggara) Reginald S. Fletcher1 and Krishna N. Reddy2


ARTIKEL SIG
Geographic Information System for Pigweed Distribution in the US Southeast
(Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Gulma di US bagian Tenggara)
Reginald S. Fletcher1 and Krishna N. Reddy2
(Sumber Jurnal : Reginald S. Fletcher1 and Krishna N. Reddy2, Weed Technology, Geographic Information System for Pigweed Distribution in the US Southeast, 2017, 21-26, https://www.cambridge.org/core/journals/weed-technology/article/geographic-information-system-for-pigweed-distribution-in-the-us-southeast/2E46512EBED66980CB9D34D05F65C957)
Nama Kelompok SIG D-6 :
1.      Shafira Azzahrawani               (1625010186)
2.      Nico Adji Firmansyah             (1625010190)
3.      Darmawan Mulya O               (1625010194)
4.      Siti Romdiyah                         (1625010199)

Sistem informasi geografis (GIS) didefinisikan sebagai sistem komputer yang digunakan untuk menangkap, menyimpan, menganalisis, dan mengelola data dan terkait atribut yang spasial direferensikan untuk bumi. GIS terdiri dari lima komponen: perangkat lunak (alat-alat yang digunakan untuk menyelesaikan visualisasi dan analisis data),  perangkat keras (yakni, komputer di mana perangkat lunak yang diinstal),  metode dan prosedur (yaitu, dirancang rencana), data (yaitu, fitur geografis dan atribut mereka), dan orang-orang (yaitu, pengguna). Pada saat ini GIS digunakan untuk pemetaan dalam mengantisipasi adanya gulma dalam system pertanian, program GIS berfungsi sebagai dasar untuk tingkat variabel aplikasi dalam presisi pertanian meliputi pengairan, penyemprotan, budidaya, penanaman, pemupukan, dan pembajakan.
Software yang sedang dikembangkan dalam pengupayaan dalam mendeteksi adanya gulma dalam system pertanian yaitu  QGIS. Singkatnya QGIS saat ini sedang digunakan untuk perangkat lunak bebas dan merupakan salah satu software GIS yang digunakan secara komersial. QGIS telah memainkan peran penting dalam survei rumput, namun biaya menjadi masalah dalam menjalankan software ini apabila terjadi kesalahan dalam . Biaya perangkat lunak GIS komersial lainnya berkisar dari beberapa ratus dolar sampai beberapa ribu dolar. Biaya akhir tergantung pada fitur-fitur tambahan yang disertakan dengan paket perangkat lunak.  Biaya tambahan dikenakan untuk lisensi tambahan. Dengan demikian, bunga berkembang dalam komunitas riset untuk mengevaluasi QGIS  untuk aplikasi penelitian. Perangkat lunak GIS untuk mendapatkan peta yang menunjukkan lokasi jenis gulma  di Negara bagian Tenggara Amerika Serikat. Tujuan khusus fokus pada menggunakan  software QGIS untuk mengembangkan peta, dengan menampilkan ada atau tidak adanya gulma pada peta setiap lahan Negara bagian tersebut.
(Gambar 1). Ini terdiri dari 12 negara bagian QGIS (2.18 Las Palmas, versi Windows), komersial dan sumber terbuka informasi geografis sistem perangkat lunak digunakan untuk mengembangka peta.
Untuk palmer amaranth 275, 146, dan 604 kabupaten dikelompokkan menjadi GR, tidak ada GR data, dan tidak ada data yang tersedia, masing – masing terdapat pada (gambar 3). Pendistribusian amaranth GR Palmer terjadi di daerah-daerah yang bergerombol di Georgia selatan dan Alabama, di bagian timur dan tengah Carolina Selatan, North Carolina, Arkansas, dan Louisiana, dan di bagian barat Kentucky, Tennessee, dan Mississippi. Redroot pigweed telah didokumentasikan di 197 dari 1.025 kabupaten (Gambar 4). Beberapa kabupaten di Kentucky, Virginia, West Virginia, North Carolina, South Carolina, dan Florida telah melaporkan keberadaan pigweed redroot. Tidak ada informasi yang ditemukan pada GR redroot pigweed di dalam area studi. Hasil tinggi GR telah didokumentasikan terutama di Kentucky bagian barat dan beberapa kabupaten yang tersebar di seluruh Kentucky, Mississippi, dan Louisiana (Gambar 5). (Gambar 6) menunjukkan bahwa daerah penyebaran PD Palmer Amaranth bertepatan dengan daerah budidaya. Hasil ini merupakan contoh bahwa peta yang berbeda dapat diintegrasikan ke pandangan kualitatif pertanian yang berhubungan dengan gulma
Perangkat lunak GIS dan open source ditambah dengan data yang disediakan oleh pemerintah federal, negara bagian, dan literatur akan membantu dalam pembuatan peta penyebaran pigweeds. Dalam kebanyakan kasus, setelah gulma diidentifikasi atau diberi label sebagai resisten terhadap herbisida, seluruh kabupaten diwaspadai. Oleh karena itu, program manajemen dikembangkan untuk mengendalikan gulma untuk daerah itu dan sekitarnya.
Salah satu manfaat dari penelitian ini adalah tidak ada biaya terkait dengan mengunduh dan menggunakan perangkat lunak. Pengguna juga memiliki kebebasan untuk memodifikasi atau menyediakan perangkat lunak untuk ilmuwan gulma dan memiliki kemampuan untuk mendistribusikan dan berkolaborasi secara bebas dalam pengembangan perangkat lunak
Perangkat lunak SIG yang gratis dan bersumber terbuka merupakan alternatif bagi perangkat lunak komersial untuk membuat peta distribusi gulma. Untuk penelitian ini, QGIS, perangkat lunak bebas dan sumber terbuka, digunakan untuk mengembangkan database informasi geografis dan peta distribusi pigweed di tingkat kabupaten untuk Amerika Serikat bagian tenggara. Basis data memiliki potensi yang baik sebagai alat pendukung keputusan dan untuk menentukan daerah sekitar yang mungkin berisiko dari invasi gulma.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

adanya keberadaan SIG di muka bumi

www.upnjatim.ac.id agrotekupnjatim.ac.id Apa itu SIG? Apa kelebihannya? Mempunyai banyak kelebihan ? Yuk kita cari tau…. Definisi dari Sistem Informasi Geografis yaitu  suatu sistem untuk mendayagunakan dan menghasil gunakan pengolahan dan analisis data spasial (keruangan) serta data non- spasial (tabular), dalam memperoleh berbagai informasi yang berkaitan dengan aspek keruangan, baik yang berorientasi ilmiah, komersil, pengelolaan maupun kebijaksanaan. Berikut adalah beberapa keuntungan penggunaan SIG SIG mempunyai kemampuan untuk memilih dan mencari detail yang diinginkan, menggabungkan satu kumpulan data dengan kumpulan data lainnya, melakukan perbaikan data dengan lebih cepat dan memodelkan data serta menganalisis suatu keputusan. SIG dengan mudah menghasilkan peta-peta tematik yang dapat digunakan untuk menampilan informasi-informasi tertentu. Peta-peta tematik tersebut dapat dibuat dari peta-peta yang sudah ada sebelumnya,